Bagaimana Mengenalkan Sains Sejak Dini?
"Mari kita panggil Para Pemikir, Para Pemimpi, Para Perintis, Para Pencipta, Para Penemu, Para Penjelajah dan berikan mereka harapan, Life Starts Here"
*Nutrilon*
Anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Rasa ingin tahu tersebut perlu difasilitasi oleh orang dewasa termasuk orang tua dan tenaga pendidik di dalamnya yang berfungsi sebagai guru anak. Anak dapat belajar apa saja asal tidak dipaksakan termasuk belajar sains sejak dini.
Belajar sains sejak dini dimulai dengan memperkenalkan alam dengan melibatkan lingkungan untuk memperkaya pengalaman anak. Anak akan belajar bereksperimen, bereksplorasi dan menginvestigasi lingkungan sekitarnya sehingga anak mampu membangun suatu pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada masa dewasanya.
Teori konstruktivis percaya bahwa pengetahuan akan dibangun secara aktif oleh anak melalui persepsi dan pengalaman langsung dengan lingkungannya. Anak yang banyak bersentuhan dengan alam akan lebih baik memaknai dunia mereka sehingga anak perlu mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan lingkungan mereka yang akan membuat mereka secara aktif terus menerus mendapatkan pengetahuan.
Belajar sains sejak dini dimulai dengan memperkenalkan alam dengan melibatkan lingkungan untuk memperkaya pengalaman anak. Anak akan belajar bereksperimen, bereksplorasi dan menginvestigasi lingkungan sekitarnya sehingga anak mampu membangun suatu pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada masa dewasanya.
Teori konstruktivis percaya bahwa pengetahuan akan dibangun secara aktif oleh anak melalui persepsi dan pengalaman langsung dengan lingkungannya. Anak yang banyak bersentuhan dengan alam akan lebih baik memaknai dunia mereka sehingga anak perlu mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan lingkungan mereka yang akan membuat mereka secara aktif terus menerus mendapatkan pengetahuan.
Sciences for Kids
Math: Virtual Manipulatives NEW!!
Science Fairs
Mission to Mars TomatoSphere (A Mars-Related Project)
Space Shuttle Mission Profile
NEW! Healthy Kids Bullying NEW!!
Clipart Explorers Maps and Map Skills
Number the Stars Novel Study Homechild Novel Study
Night of the Twisters Novel Study
Hurricanes Tornadoes Clouds
Newspapers in Education
Math Story Problems Cartooning Writing Prompts Literature Circles
Reading Resources For Parents and Teachers
Anak-Anak Bermain di Taman yang Bersalju:
Belajar bersentuhan langsung dengan Alam.
Other Themes by Subject
Dalam mendampingi dan memfasilitasi anak usia dini belajar sains, pendidik perlu memikirkan beberapa hal:
Pertama, apakah kita mengembangkan dan menunjukkan sikap menghargai makhluk hidup?
Kedua, apakah pengalaman sains kita menekankan pada ketrampilan proses?
Misalnya mengamati, mengelompokkan, membandingkan, mengurutkan, meramalkan, mengkomunikasikan, mencoba, menduga.
Ketiga, apakah kegiatan sains kita masuk dalam kurikulum dan terintegrasi dengan area-area pembelajaran yang lain?
Keempat, apakah kita memberikan kesempatan dan bahan-bahan yang mendorong tiap anak untuk memanipulasi, mengeksplorasi, dan mengamati dengan menggunakan seluruh panca indra anak?
Misalnya: Apa yang kamu lihat?,
Apa yang kamu dengar?,
Seperti apa bentuknya?,
Apa yang dapat kamu bau?,
Seperti apa rasanya?,
apa saja yang kamu ingin ketahui dari benda itu?
Kelima, apakah kita mendorong pemikiran induktif dan deduktif ketika anak sedang bereksplorasi? Misalnya:
Apakah anak dapat menduga fakta-fakta dan konsep-konsep khusus yang mendukung prinsip umum?
Semoga Bermanfaat
Maju Terus Pendidikan Indonesia
Sumber:
Eli Tohonan Tua Pane, S.Pd.
NASA for Kids
Universitas Pendidikan Indonesia
Taman Pendidikan Al-Wustho