"Ada yang lebih kejam dari membakar dan memakan buku yaitu tak membacanya"
~A. N.~
Dewasa ini perpustakaan diperlukan sebagai sarana pendukung pelaksanaan
kegiatan pendidikan. Perpustakaan sekolah menjadi kebutuhan mutlak
sebagai sumber ilmu dan informasi, guna memperluas wawasan, memunculkan
dan mengembangkan daya imajinasi peserta didik.
Perpustakaan mempunyai
peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena
perpustakaan adalah gudang dari segaala sumber disiplin ilmu, didalam
lingkungan sekolah perpustakaan merupakan jantung sekolah, dimana
kehidupan sekolah ditentukan dengan adanya perpustakaan.
Tanpa
perpustakaan kualitas sekolah juga tidak dapat digolongkan sebagai
sekolah yang benar-benar membentuk SDM yang handal.
Perpustakaan merupakan sarana utama dalam menunjang kelengkapan sarana pendidikan yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.
Perpustakaan merupakan sarana utama dalam menunjang kelengkapan sarana pendidikan yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.
Salah satu fungsi dari perpustakaan sekolah adalah mengembangkan pendidikan yakni memberikan pengguna untuk dapat memanfaatkan seluruh informasi yang disajikan oleh perpustakaan.
Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, perpustakaan harus menyediakan pelayanan berbagai informasi dan berusaha mengembangkan perpustakaan tersebut serta mempertemukan antara pengguna dengan informasi yang dibutuhkan dan tersedia.
Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, perpustakaan harus menyediakan pelayanan berbagai informasi dan berusaha mengembangkan perpustakaan tersebut serta mempertemukan antara pengguna dengan informasi yang dibutuhkan dan tersedia.
Perpustakaan di harapkan mampu mengikuti tuntutan dan perkembangan informasi yang ada, serta memfungsikan sebagai penyaji informasi yang handal sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai.
Ada 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan oleh pengelola perpustakaan/pustakawan, tahapan ini merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus dan membentuk suatu siklus yang tetap.
Keenam tahapan tersebut adalah :
Analisis masyarakat (community analysis);
Pembuatan kebijakan seleksi (selection policies);
Seleksi bahan pustaka (selection);
Pengadaan bahan pustaka (acquisition);
Penyiangan bahan pustaka (weeding); dan
Evaluasi (evaluation).
Ada 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan oleh pengelola perpustakaan/pustakawan, tahapan ini merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus dan membentuk suatu siklus yang tetap.
Keenam tahapan tersebut adalah :
Analisis masyarakat (community analysis);
Pembuatan kebijakan seleksi (selection policies);
Seleksi bahan pustaka (selection);
Pengadaan bahan pustaka (acquisition);
Penyiangan bahan pustaka (weeding); dan
Evaluasi (evaluation).
TUJUAN
Keberadaan perpustakaan bertujuan untuk:
Menumbuhkan motivasi peserta didik untuk memiliki minat baca.
Memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan membaca, akan membuka pengetahuan dan wawasan cakrawala ilmu dunia.
Agar peserta didik mampu memanfaatkan waktu luang-nya untuk membaca guna menambah pengetahuan dan wawasan dari berbagai macam disiplin ilmu.
Perpustakaan ini baiknya dikembangkan di setiap sekolah tanah air dan di seluruh desa-desa agar masyarakat kita menjadi sebuah masyarakat yang gemar belajar.
Terima Kasih
Bangkitlah Manusia-Manusia Indonesia
Maju Terus Ilmu Pengetahuan Bangsa
Semangat Bisa
Perpustakaan ini baiknya dikembangkan di setiap sekolah tanah air dan di seluruh desa-desa agar masyarakat kita menjadi sebuah masyarakat yang gemar belajar.
Terima Kasih
Bangkitlah Manusia-Manusia Indonesia
Maju Terus Ilmu Pengetahuan Bangsa
Semangat Bisa
Sumber:
Arip Nurahman Notes
Pemustaka
Photo By: Me