Pengertian Multimedia Pembelajaran
Rosch menyatakan bahwa multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video. Sementara Mc. Cormick mendefinisikan multimedia sebagai kombinasi dari tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks. Robin & Linda mengartikan multimedia sebagai alat yang dapat menciptkakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, auido, dan gambar video (Suyanto, 2003: 5).
Ade Cahyana dan Devi Munandar (2008) memberikan definisi teknologi multimedia sebagai perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik. Menurut keduanya sekarang ini perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir di seluruh aspek kegiatan.
Dalam buku yang berjudul ”The Developers Handbook to Interaktive Multimedia”, Rob Philip (1997: 8) menjelaskan :
”The term ‘multimedia’ is a catch-all phrase to describe the new wave of computer software that primarily deals with the provisions of information. The ’multimedia’ component is characterized by the presence of text, picture, sound, animation and video; some or all wich are organized into some coherence program. The ‘interactive’ component refers to the process of empowering the user to control the environment usually by a computer.”
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan dari beberapa elemen informasi yang dapat berupa teks, gambar, suara, animasi, dan video. Program multimedia biasanya bersifat interaktif.
Minute Physics: Common Physics Misconceptions
Minute Physics: Common Physics Misconceptions
Minute Physics adalah kumpulan berbagai macam Video Pembelajaran Fisika yang menjelaskan fisika dengan hanya beberapa menit.
Komponen Multimedia Pembelajaran
Hofstetter sebagaimana dikutip oleh Suyanto menyatakan bahwa terdapat empat komponen penting dalam multimedia.
Empat komponen tersebut adalah:
(a) komputer, yang berfungsi untuk mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, serta berinteraksi dengan user;
(b) link, yang menghubungkan user dengan informasi yang ada dalam program multimedia;
(c) alat navigasi, yang berguna untuk memandu user dalam menjelajah informasi;
(d) ruang untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan gagasan user (2003: 52).
Empat komponen multimedia yang disebutkan oleh Hofstetter di atas merupakan bentuk dari adanya interaktivitas dalam multimedia. Interaktivitas merupakan pusat perhatian utama dalam desain seting media pembelajaran seperti computer assisted instruction (CAI), computer assisted learning (CAL), dan online learning environments (Hsinyi Peng: 2008).
Perangkat multimedia yang berbasis komputer dibedakan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras multimedia terdiri dari empat unsur utama yaitu: input unit, central processing unit, memory, dan output unit. Unit input adalah bagian penerima dan memasukkan data maupun instruksi.
Central Processing Unit (CPU) berperan melaksanakan dan mengatur instruksi, termasuk menghitung dan membandingkan. Memory atau storage merupakan bagian yang berfungsi untuk menyimpan informasi. Sedangkan unit output berfungsi sebagai penyaji informasi.
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Siswa kurang tertarik belajar fisika disebabkan guru tidak memanfaatkan media yang menarik bagi siswa pada saat proses pembelajaran (Siti, 2007). Pembelajaran merupakan usaha dari pendidik agar peserta didik dapat mengenal dan memahami apa yang sedang dipelajari dengan cara mengajak peserta didik untuk berfikir (Darsono, 2000:24).
Kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat memberikan pengaruh di bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Pemanfaatan kemajuan teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar (Aryono, 2006). Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Siti, 2007).
Multimedia interaktif (MMI) merupakan model pembelajaran yang menarik berbasis teknologi. Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).
Sumber:
1. Sutirman's Site; Berpikir dan Bekerja untuk Bangsa
2. Djuhernaidi Jacub: MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
3. Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran Fisika
Kunjungi Juga:
1.NASA - NASA TV
2.Discovery Channel : Science, History, Space
3.MIT Tech TV
4.BBC - Science & Nature
Ucapan Terima Kasih:
Anak-anakku Para Siswa di SMA Budi Luhur, Rekan-rekan Pengajar, Bapak Ibu Guru dan Bapak Kepala Sekolah, Para Dosen di Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Dan sahabat-sahabatku yang kucintai dan kubanggakan.
Semoga Bermanfaat
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Siswa kurang tertarik belajar fisika disebabkan guru tidak memanfaatkan media yang menarik bagi siswa pada saat proses pembelajaran (Siti, 2007). Pembelajaran merupakan usaha dari pendidik agar peserta didik dapat mengenal dan memahami apa yang sedang dipelajari dengan cara mengajak peserta didik untuk berfikir (Darsono, 2000:24).
Kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat memberikan pengaruh di bidang pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Pemanfaatan kemajuan teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar (Aryono, 2006). Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Siti, 2007).
Multimedia interaktif (MMI) merupakan model pembelajaran yang menarik berbasis teknologi. Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).
Astrophysics TV
Sumber:
1. Sutirman's Site; Berpikir dan Bekerja untuk Bangsa
2. Djuhernaidi Jacub: MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
3. Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran Fisika
Kunjungi Juga:
1.NASA - NASA TV
2.Discovery Channel : Science, History, Space
3.MIT Tech TV
4.BBC - Science & Nature
Ucapan Terima Kasih:
Anak-anakku Para Siswa di SMA Budi Luhur, Rekan-rekan Pengajar, Bapak Ibu Guru dan Bapak Kepala Sekolah, Para Dosen di Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Dan sahabat-sahabatku yang kucintai dan kubanggakan.
Semoga Bermanfaat