Tuesday 30 July 2013

Pendidikan Sebagai Elemen Pertahanan Bangsa

"Membangun sistem pembelajaran yang baik dan menyeluruh serta didampingi dengan konsep wawasan ke-bangsaan akan memperkokoh persatuan-kesatuan sebuah bangsa"

Setiap bangsa dalam mempertahankan eksistensi dan mewujudkan cita-citanya perlu memiliki pemahaman mengenai geopolitik dan geostrategi. Geopolitik bangsa Indonesia diterjemahkan dalam konsep Wawasan Nusantara, sedangkan geostrategi bangsa Indonesia dirumuskan dalam konsep Ketahanan Nasional. 

Sesuai dengan bagan paradigma ketatanegaraan Negara Republik Indonesia, maka Ketahanan Nasional (Tannas) merupakan salah satu konsepsi politik dari Negara Republik Indonesia. Ketahanan Nasional dapat dikatakan sebagai konsep geostrateginya bangsa Indonesia. 

Dengan kata lain, geostrategi bangsa Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional. Untuk meresepkan konsep-konsep ini perlu diadakan upaya edukasi masyarakat yang kreatif dengan berbagai metode, misalnya melalui pendidikan, perfilman dan acara-acara nasional yang bersifat mendidik masyarakat agar mencintai bangsa dan negaranya.

Semoga

Aamiin.

Sumber:

Arip Nurahman Notes

No comments: