Tuesday, 28 May 2013

Mewaspadai Perlombaan Pesawat Jet Tempur Canggih


Dengan spesifikasi tempur yang canggih, pesawat-pesawat tempur ini layak disegani.

Wajar jika harga satu unitnya bisa mencapai ratusan juta dollar AS.



Bagi suatu negara, pertahanan militer merupakan salah satu perangkat utama yang harus dimiliki untuk menjaga kedaulatannya. Dari sekian banyak perangkat pertahanan negara, kelengkapan persenjataan termasuk dalam kategori penilaian kekuatan negara itu. 

Indonesia sebagai salah satu negara maritim yang cukup luas juga tak kalah dari segi kekuatan militer. Kita boleh bangga karena negara ini telah diperkuat oleh sejumlah peralatan artileri dan pesawat tempur yang tidak kalah dengan negara lain.

Pesawat tempur jenis Sukhoi dan F-16 adalah beberapa di antara burung besi yang selalu mengawal keamanan negara Indonesia. Dengan beberapa pesawat tempur yang ada, tak bisa dipungkiri dari segi kecanggihan teknologi pesawat tempur milik Indonesia sedikit tertinggal.

Negara-negara Superpower di dunia juga memiliki burung besi untuk kepentingan tempur dengan spesifikasi yang luar biasa. Ada yang berteknologi jet siluman, bunglon, sampai amfibi. 

Beberapa negara memang dikenal sebagai produsen peralatan tempur yang berkualitas, sebut saja Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang. Produk pesawat tempur lansiran negara-negara tersebut selalu menarik untuk diamati. 

Bukan hanya untuk kepentingan perang, namun pesawat tempur seolah dibuat sebagai ajang kecanggihan teknologi militer yang begitu memukau. 

Lupakan dulu isu-isu senjata pemusnah massal yang dituding dibuat oleh Iran atau Korea Utara, namun pesawat-pesawat jet super canggih ini sudah cukup membuat gentar saat maju ke medan perang. 

Disebut juga dengan Sukhoi PAK FA (Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation), pesawat tempur ini masuk dalam kategori pesawat bermesin ganda yang dibuat oleh perusahaan Sukhoi untuk memperkuat armada pertahanan Russian Air Force. 




Sukhoi PAK FA merupakan nama proyek pembuatan pesawat-pesawat jet tempur super ganas dan Sukhoi T-50 adalah salah satunya. Pesawat tempur Sukhoi T-50 merupakan salah satu pesawat tempur yang cukup disegani dalam ranah militer internasional. 

Kekuatan fisik serta daya tempurnya begitu mencerminkan karakter militer Rusia yang keras dan tegas.

Kini, Sukhoi T-50 telah dipinang untuk memperkuat armada tempur negara Rusia, Korea Selatan, dan Vietnam.

Harga 1 unit: Lebih dari 100 juta dollar AS

Referensi:

  1. ^ "Fighter —Definition and More from the Free Merriam Webster Dictionary.". Merriam Webster Dictionary. Encyclop√¶dia Britannica. 22 September 2011.
  2. ^ Andreas Parsch (22 September 2011). "Non-Standard DOD Aircraft Designations".
  3. ^ "Mitchell’s Theory". Air & Space Power Course. College of Aerospace Doctrine, Research and Education. 22 September 2011.
  4. ^ Stephen Trimble (22 September 2011). "XCLUSIVE: US Air Force combat fleet's true operational costs revealed". Stephen Trimble's The Dew Line. Flight Global.
  5. ^ Lee, Arthur Gould. No Parachute. London: Jarrolds, 1968. ISBN 0-09-086590-1.
  6. ^ Eric Lawson, Jane Lawson (2002). "The First Air Campaign: August 1914– November 1918". Da Capo Press. p.123. ISBN 0-306-81213-4
  7. ^ Harry Furniss (2000). "Memoirs one: the flying game". Trafford Publishing. ISBN 1-55212-513-0
  8. ^ John Buckley (1998). "Air power in the age of total war". Taylor & Francis. p.43. ISBN 1-85728-589-1

No comments: