Friday, 1 August 2008

Indonesian Astrophysics Association

Indonesian Astrophysics Association 

The mission of the  Indonesian Astrophysics Association (IAA) is to advance our knowledge and understanding of the universe through research and education in astronomy and astrophysics.


A Brief History





Awalnya kunjungan ke Observatorium Bosscha Lembang Bandung


Observatorium Bosscha merupakan satu - satunya tempat pengamatan bintang di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki tiga zona waktu, akan lebih baik jika Indonesia memiliki tiga buah Observatorium.

Observatorium Bosscha Sendiri memiliki sejarah yang panjang hingga sekarang dan masih terus melakukan aktifitas penelitiannya.

Profil Bosscha

Observatorium Bosscha adalah sebuah Lembaga Penelitian dengan program-program spesifik. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, obervatorium ini merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Sebagai bagian dari  Fakultas MIPA - ITB, Observatorium Bosscha memberikan layanan bagi pendidikan sarjana dan pascasarjana di ITB, khususnya bagi Program Studi Astronomi, FMIPA - ITB. 

Penelitian yang bersifat multidisiplin juga dilakukan di lembaga ini, misalnya di bidang optika, teknik instrumentasi dan kontrol, pengolahan data digital, dan lain-lain. Berdiri tahun 1923, Observatorium Bosscha bukan hanya observatorium tertua di Indonesia, tapi juga masih satu-satunya obervatorium besar di Indonesia.
Observatorium Bosscha adalah lembaga penelitian astronomi moderen yang pertama di Indonesia. Observatorium ini dikelola oleh Institut Teknologi Bandung dan mengemban tugas sebagai fasilitator dari penelitian dan pengembangan astronomi di Indonesia, mendukung pendidikan sarjana dan pascasarjana astronomi di ITB, serta memiliki kegiatan pengabdian pada masyarakat.


Observatorium Bosscha juga mempunyai peran yang unik sebagai satu-satunya observatorium besar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara sampai sejauh ini. Peran ini diterima dengan penuh tanggung-jawab: sebagai penegak ilmu astronomi di Indonesia.

Dalam program pengabdian masyarakat, melalui ceramah, diskusi dan kunjungan terpandu ke fasilitas teropong untuk melihat objek-objek langit, masyarakat diperkenalkan pada keindahan sekaligus deskripsi ilmiah alam raya. Dengan ini Observatorium Bosscha berperan sebagai lembaga ilmiah yang bukan hanya menjadi tempat berpikir dan bekerja para astronom profesional, tetapi juga merupakan tempat bagi masyarakat untuk mengenal dan menghargai sains. Dalam terminologi ekonomi modern, Observatorium Bosscha berperan sebagai public good.

Tahun 2004, Observatorium Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karena itu keberadaan Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Selanjutnya, tahun 2008, Pemerintah menetapkan Observatorium Bosscha sebagai salah satu Objek Vital nasional yang harus diamankan
Observatorium Bosscha berperan sebagai homebase bagi penelitian astronomi di Indonesia.



 
Bandung Astro Physics Association
Vision2020



Banjar Astro Physics Association
Vision 2035



Mission

"Berupaya Membantu Pembangunan Club Astro Fisika di Setiap Kabupaten/Kota di Indonesia"





 

Indonesian  Astrophysics Association on Education

Pusat Pengembangan Kompetisi Olimpiade 

Astronomi dan Astrofisika


Mission

1. DI SETIAP KABUPATEN ATAU KOTA DI INDONESIA
MEMPUNYAI KLUB ASTRO FISIKA

2. PUTRA-PUTRI TERBAIK BANGSA MAMPU MENJUARAI
IVENT-IVENT ATAU KOMPETISI ILMIAH
DALAM BIDANG ASTRO FISIKA DI TINGKAT INTERNATIONAL

The International Astronomy Olympiad Web Site






  • 2nd International Olympiad On Astronomy and Astrophysics Part I








  • 2nd International Olympiad On Astronomy and Astrophysics Part II






  • Terima Kasih Semoga Bermanfaat

    No comments: