Sunday 28 July 2013

Berkah Ramadhan: Antara Ranca Manyar dan History of The World

Berkumpul bersama kawan-kawan lama, buka shaum bareng memang luar biasa menyenangkan ditambah banyak makanan pula he.,he.,dan hiburan seru yang ilmiah serta edukatif.
Bersua kembali dengan sahabat semasa SMA di Desa Ranca Manyar Kecamatan Bale Endah, pengalaman yang seru dan sangat kocak, makan bareng, bercanda ngobrol ngalor-ngidul dan nonton Sky Fall serta A History of The World.
Mungkin arti dari Ranca Manyar itu adalah "Kolamnya Burung Manyar", Ranca itu istilah dalam bahasa sunda yang mungkin merujuk kepada sebuah "Situ Leutik" yang air nya mulai surut, sedangkan Manyar adalah sejenis burung [Manuk Manyar].

Kita akrab mendengar kata-kata: Ranca Kole, Ranca Go'ong, Ranca Ekek dan Lain-lain. Ini menunjukan bahwa dahulu kala daerah Tatar Sunda kaya akan Situ (Danau) sisa dari Danau Raksasa Bandung Purba.

Tikukur jeung Manuk Manyar 
Kadupak ku Manuk Heulang
Hayu Urang Getol Diajar
Sangkan Hirup Bagja-Meunang

Sedangkan A History of The World adalah sebuah Film Dokumenter dari BBC Knowledge yang kebetulan pada episode ini menayangkan mengenai kebangkitan bangsa-bangsa akibat Revolusi Industri.

Digambarkan bagaimana bangsa-bangsa bangkit dan menjadi para Super Power dimulai dengan adanya Revolusi Industri yang dipicu oleh penemuan Mesin Uap oleh James Watt.

Apa Itu Mesin Uap?
 
Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

Mesin uap merupakan mesin pembakaran eksternal, dengan cairan yang terpisah dari hasil pembakaran. Sumber panas yang dapat digunakan yaitu tenaga surya, tenaga nuklir, atau tenaga panas bumi. Jika uap berkembang melalui piston atau turbin, akan menyebabkan kerja mekanik.



Hatur Nuhun:
Kang Luki, Om Dian, A Gin-gin dan Kang Dadan.

Sumber: 

Wikipedia


No comments: